Fatwa Medsos MUI Akan Jadi Pembahasan di Forum Merdeka Barat

Majelis Ulama Indonesia (MUI) barusan keluarkan fatwa mengenai hukum serta dasar bermuamalah lewat sosial media.

Ambil peristiwa itu, Kementerian Komunikasi serta Informatika (Kemkominfo) merencanakan untuk membahasnya dalam Komunitas Merdeka Barat yang diadakan pada Jumat, 9 Juni 2017 yang akan datang.

Menurut Kasubdit Penyediaan Info Kominfo, Nursodik Gunarjo, kajian dalam komunitas ini bakal diarahkan untuk menghadapi content negatif yang beredar banyak sekarang ini. Tetapi dengan keluarnya fatwa MUI, bakal dibicarakan juga tindak lanjutnya.

” Kajian dalam komunitas ini bakal di buat lebih luas. Dengan fatwa MUI jadi starting point, kami bakal mengulas masalah penyebaran content negatif serta langkah untuk mengatasinya, ” katanya waktu didapati di kantor Kemkominfo di Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Mengenai pembicara dalam komunitas itu bakal melibatkan Menteri Komunikasi serta Informatika (Menkominfo) Rudiantara, perwakilan MUI, dan pengamat sosial media. Nursodik menjelaskan, Menkominfo bakal bicara dalam posisi pemerintah berkaitan persoalan itu.

” Kajian dari Menkominfo bakal menghadap ke UU ITE, termasuk juga langkah apa yang bakal di ambil pemerintah serta orang-orang untuk melawan content negatif, ” katanya menerangkan.

Sesaat dari perwakilan MUI bakal mengulas tentang latar belakang dikeluarkannya fatwa medsos itu. Diluar itu, bakal dibicarakan juga tentang implementasi fatwa itu, termasuk juga langkah merangkul santri serta ulama untuk melakukannya.

” Pihak ketiga yang diundang yaitu pengamat. Ada jadi pihak yang berdiri sendiri, diinginkan dapat memberi insight masalah pandangannya tentang problem ini, termasuk juga peluang implementasi dari fatwa itu, ” katanya.

Jadi info, dalam fatwa itu, ada beberapa poin yang diharamkan untuk kaum muslim yang bermuamalah atau lakukan hubungan lewat medsos.

Poin itu meliputi fitnah, menebarkan ujaran kebencian, menebarkan berita bohong, materi pornografi, serta menebarkan content benar, namun tidak sesuai sama saat serta tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *