HoloLens Jadi Alat Bantu Dokter untuk Operasi

Pemakaian tehnologi virtual reality (VR) serta augmented reality (AR) di bagian kesehatan selalu diperkembang. Satu diantaranya dikerjakan perusahaan medis bernama Scopis yang memakai Microsoft HoloLens untuk kepentingan operasi.

Mengutip info dari Tech Radar, Senin (8/5/2017), Scopis membuat satu basis yang bisa menolong operasi tulang belakang dengan HoloLens. Dengan cara teoretis, basis itu diklaim bisa tingkatkan akurasi serta kecepatan sistem operasi.

Hal semacam itu bisa saja sebab dokter, lewat HoloLens, bisa tahu posisi serta pojok alat yang dipakai dengan cara pas lewat penampilan di headset. Jadi, dokter bisa menyesuaikan gerakannya segera dengan pasien tanpa ada butuh lihat monitor pengawas, seperti umumnya sistem operasi sekarang ini.

Terkecuali kurangi saat sistem operasi serta resiko lain, lewat langkah tersebut potensi pasien terkena radiasi yang dibuat mesin fluroskopi semakin menyusut. Mesin ini umumnya dipakai untuk mendeteksi tempat peletakan sekrup yang ditanam waktu operasi.

Walau telah diumumkan, belum bisa di pastikan kapan basis ini bakal betul-betul dipakai untuk mensupport operasi sebenarnya. Tetapi beberapa pihak menyebutkan inspirasi ini begitu menjanjikan, mengingat HoloLens adalah piranti yang lebih ringkas daripada headset lain.

Sebagai info, pemakaian AR headset oleh Scopis di bagian kesehatan sesungguhnya tidaklah dobrakan yang benar-benar baru. Terlebih dulu dokter asal Inggris, Shafi Ahmed, lakukan bedah awal dengan memakai tehnologi sama pada April 2016. Ia menyebutkan pemakaian VR headset membantunya menggerakkan sistem bedah dengan lebih konsentrasi serta teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *