Masa-masa mudik trafik data Indosat Ooredoo melonjak

Performansi jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo sukses melayani pelanggan dengan baik sepanjang beberapa waktu mudik serta Lebaran 2017. Trafik telekomunikasi terutama trafik service data bertambah cukup penting, di puncak hari Lebaran tanggal 25 Juni 2017, trafik service data bertambah sebesar 113. 60 % di banding trafik data di hari Lebaran th. terlebih dulu (2016), jadi sekitaran 2813. 18 Terabyte/hari. Apabila dibanding dengan trafik harian reguler, trafik data pada hari Lebaran bertambah sebesar 39. 52 %.

Penambahan trafik data teratas sepanjang masa mudik Lebaran 2017 berlangsung pada hari puncak mudik Lebaran atau H-3 Lebaran, di mana trafik data di hari H-3 Lebaran bertambah jadi sekitaran 3102. 10 Terabyte/hari, atau naik 53. 85 % dibanding trafik data reguler pada hari umum. Penambahan trafik data ini searah dengan trend pemakaian social media di orang-orang, terlebih kegiatan komunikasi memakai beragam aplikasi dalam berkomunikasi serta bersilaturahmi sepanjang masa Lebaran.

Berlainan dengan service data, trafik service nada serta SMS relatif turun sepanjang Lebaran 2017. Apabila dibanding dengan trafik reguler harian umum, trafik voice pada hari Lebaran alami penurunan jadi sekitaran 286. 52 Juta menit, atau turun sekitaran 14. 45 % serta trafik SMS di hari Lebaran alami penurunan jadi sekitaran 321. 12 Juta SMS, atau turun 31. 40 %.

Sesaat kesuksesan kirim antar pelanggan Indosat Ooredoo lebih dari 94. 18 % yang bermakna tak ada persoalan yang penting dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat Ooredoo. Sedang tingkat kesuksesan pengiriman SMS ke antar operator menjangkau sekitaran 89. 21 % walaupun berlangsung kepadatan jalur pengiriman antar operator.

”Performansi jaringan Lebaran Indosat Ooredoo yang bisa melayani pelanggan dengan baik ini tidak terlepas dari usaha penambahan kemampuan jaringan Indosat Ooredoo, diantaranya kemampuan service data ditingkatkan jadi 7344 Terabyte/hari, kemampuan service nada disediakan jadi 37, 5 juta Erlang/hari, serta untuk kemampuan SMS ditingkatkan jadi 1, 9 Miliar SMS/hari. Penambahan kemampuan ini disediakan untuk 95, 6 juta pelanggan Indosat Ooredoo di semua Indonesia, ” kata Umar Hadi, Group Head Network Operations Indosat Ooredoo.

Diluar itu performansi jaringan Indosat Ooredoo juga meyakinkan melayani dengan baik lewat pemantauan jaringan yang dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) jadi Command Centre. Command Center beroperasi sekian hari sebelumnya serta setelah Lebaran untuk mengidentifikasi dengan pro aktif lewat tim Performance Monitoring sebelumnya satu masalah berimbas untuk pelanggan, serta dengan reaktif lewat tim Customer Service hingga apabila ada masalah bisa dikerjakan sesegera mungkin saja.

Pemantauan juga dikerjakan oleh sarana Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang memonitor kwalitas service aplikasi yang umum dipakai pelanggan seperti Youtube, Instagram, Whatsapp, Facebook, Spotify, Iflix, serta beda sebagainya. Lewat sarana ini, Indosat Ooredoo meyakinkan kalau bukan sekedar kestablian jaringan tetapi juga kwalitas dari semasing aplikasi ada dalam keadaan yang baik untuk mensupport kesibukan mudik serta Lebaran pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *